Oleh: riyan17 | 22 Februari 2010

MANAJEMEN DAN MANAJER

1. Tingkatan Manajemen

Ada beberapa tingkatan manajemen sebagaimana yang di kemukakan oleh Nickels, McHugh and McHugh yaiti sbb :

1.  Manajemen Tingkat Puncak (Top Management), yang terdiri dari kelompok yang relative kecil, bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen organisasi. Ia menetapkan kebijakan operasional dan membimbing interaksi organisasi dengan lingkungannya. Sebutan yang khas untuk manajer puncak ini adalah chief executive officer/direktur utama atau wakil direktur.

Untuk manajemen tingkat ini , keahlian yang terutama diperlukan adalah keahlian dalam hal konseptual, komunikasi, pengambilan keputusan, manajemen global dan manajemen waktu.

2.  Manajemen Tingkat Menengah (Middle Manajement), istilah manajemen tingkat menengah dapat mencakup lebih dari satu tingkatan dalam organisasi. Biasanya terdiri dari para menejer kepala divisi atau departemen, kepala cabang. Tanggung jawab yang utama adalah mangarahkan kegiatan pelaksanaan kebijakan organisasi dan menyelaraskan tuntutan atasan dengan kecakapan bawahan.

Untuk manajemen tingkat menengah ini, keahlian yang diperlukan diantaranya keahlian konseptual, komunikasi, pengambilan keputusan, manajemen waktu dan juga teknikal.

3.  Manajemen Lini-Pertama (First Line Management), merupakan tingkatan yang paling rendah dalam organisasi biasanya terdiri dari para supervise, ketua kelompok. Diantar keahlian yang terutama perlu dimiliki adalah keahlian komunikasi, pengambilan keputusan, manajemen waktu dan teknikal.

4.  Manajemen Nonsupervisi  (Non- Supervisory Management), yang biasanya terdiri dari tenaga kerja tingkat bawah seperti buruh, pekerja bangunan, dll. Keahlian yang terutama perlu dimiliki dalam level ini adalah keahlian teknikal, komunikasi dan manajemen waktu.

—

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: